Listrik dan Regresi Linier

October 13, 2011 § Leave a comment


Copas surat dari saya buat PJ listrik di kosan. Hehe 😀

Assalamu’alaykum,

Fan, ini ada beberapa usulan cara buat ngitung listrik kalau berdasarkan data listrik yang kita punya dari bulan ke bulan. Ini sharing aja, toh perhitungan token kan bisa jadi beda dengan perhitungan yang normal. Tapi kalau sama, ini kepake.

**

1. Ini kalau mau bebannya konstan, tidak berbentuk variabel (seperti yang biasa kita pake)

Y = aX + b

Y = Harga listrik kosan
X = Jumlah poin kosan
dengan menggunakan regresi linier, kita bisa menemukan nilai:
b = Total beban listrik (nanti dibagi jumlah penghuni)
a = konstanta untuk nilai X, tapi ini gak usah dicari

nilai Y dan X bisa dilihat dari data bulan per bulan. Karena bukan cuma Y, nilai X-nya juga berubah-berubah koq.

**

2. Ini kalau beban mau dijadikan poin (variabel)

Y = a (X + c)
Y = aX + ac
dimana ac = b -> c = b/a

c = variabel beban (poin dasar per penghuni)

Nah kalau mau pake yang ini, nilai a-nya jadi harus dicari buat dapetin nilai c-nya.

**

3. Tanya PLN gimana cara ngitung listrik, terus itung berapa watt tuh komputer, tv, laptop, dispenser, dst. Pake cara ngitung listrik waktu pas SD aja (yang kwh kwh gitu). Jadi jelas, per kamar kena-nya berapa. Ini langsung harga, gak main poin lagi.

**

Udah itu aja, cuma sharing. Sayang aja, kita udah belajar di fisika dasar tapi gak dipake. Harapannya penentuan uang listrik bisa lebih adil sesuai dengan pemakaian per individu.

Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Advertisements

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Listrik dan Regresi Linier at aajaka.

meta

%d bloggers like this: