Jadi Most Highlight di Kompasiana

February 8, 2011 § 1 Comment


@aajap : Terharu, tulisan gw dipajang di “Most-Highlight”nya @kompasiana . Jadi nyesel, kenapa ga dikirim ke @K0MPAS aja ya? 😀

*Eh, ternyata yang ditampilkan di tempat itu namanya bukan Most-Highlight, tapi Headline. Wah, jadi makin seneng. Hehe. Kenapa? Karena  untuk sebuah tulisan menjadi Headline, lebih sulit dari pada untuk menjadi highlight. Ini saya copas-kan dari Kompasiana, apa saja kriteria sebuah tulisan untuk menjadi headline, highlight, dan rekomendasi. 🙂

Kriteria Headline, Highlight dan Rekomendasi

Tampilan baru Kompasiana menghadirkan satu fitur baru, yaitu Tulisan Terekomendasi. Tapi sebelum masuk ke pembahasan fitur baru tersebut, tulisan ini akan menjabarkan semua hal terkait Headline dan Highlight.

Headline atau berita utama adalah tulisan-tulisan yang dipilih oleh Admin. Berbeda dengan format sebelumnya, jumlah Headline Kompasiana ditambah dari empat menjadi lima. Format fotonya juga jauh lebih besar, berukuran 680 x 340 piksel. Di bawah foto terdapat judul dan foto penulis, lengkap dengan nama dan tautan ke Halaman Profil. Terkait foto Headline, Kompasianer harap mencatat ukuran standar tersebut (lebar 680 piksel; tinggi 340 piksel) agar foto tidak pecah saat ditempatkan di kolom Headline.

Urutan Headline tidak mengacu pada waktu tayang, tapi mengacu pada kualitas tulisan. Admin juga akan mempertimbangkan tulisan yang tayang beberapa hari sebelumnya untuk dijadikan Headline.

Kriteria HL

Ada beberapa kriteria yang akan digunakan Admin dalam menentukan layak tidaknya sebuah tulisan menjadi Headline, yaitu:

  1. Berita. Tulisan dalam bentuk berita yang ditulis berdasarkan liputan langsung akan menjadi prioritas utama. Hal ini tak lepas dari komitmen Kompasiana dalam menggiatkan aktifitas Citizen Journalism di kalangan masyarakat Indonesia. Yang dipilih tentu saja tulisan yang membawa manfaat bagi banyak orang.
  2. Aktual dan Mendalam. Sebuah tulisan dianggap layak sebagai Headline apabila isinya aktual dan ditulis secara mendalam. Ketika terjadi sebuah peristiwa, Kompasianer akan berlomba-lomba menulisnya dalam bentuk Reportase maupun Opini. Kedalaman sebuah tulisan akan menjadi pertimbangan penting dalam pemilihan Headline.
  3. Menarik dan Mendalam. Tulisan yang unik dan menarik juga bisa menjadi Headline sepanjang dipaparkan secara mendalam.
  4. Fiksi Berkualitas. Tulisan kategori Fiksi, yaitu puisi, cerpen dan sejenisnya juga berkesempatan menjadi Headline. Admin akan memilih karya fiksi yang dianggap berkualitas.
  5. Orisinal. Maksudnya, tulisan itu hanya ditulis dan ditayangkan di Kompasiana, bukan diambil dari karya penulis di media (blog, koran, majalah) lain.
  6. Highlight. Admin akan memilih Headline dari tulisan-tulisan yang sebelumnya sudah di-Highlihgt.

Highlight

Di bawah Headline, terdapat dua kolom tulisan. Tulisan Terbaru adalah tulisan yang mengalir berdasarkan waktu penayangan yang dilakukan oleh para Kompasianer. Artinya, setiap kali Kompasianer menayangkan sebuah tulisan, otomatis muncul di kolom Terbaru. Moderasi dilakukan setelah tulisan tayang. Waktu penayangan akan ditampilkan dalam bentuk “Sekian Menit/Jam Lalu”. Bila masa tayang sudah lebih dari 24 jam, baru akan ditampilkan jam tayangnya dengan patokan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sedangkan kolom Highlight di sampingnya hanya berisi tulisan yang dianggap perlu atau layak tampil lebih lama di halaman depan Kompasiana. Tulisan yang tidak di-Highlight langsung masuk ke halaman masing-masing rubrik.

Tulisan yang dianggap tidak layak masuk ke kolom Highlight adalah:

  • Tulisan-tulisan milik penulisan dari blog atau media lain yang secara serentak dipindahkan ke Kompasiana.
  • Tulisan yang dibuat (atau hasil copy paste) dalam bentuk makalah ilmiah, skripsi atau sejenisnya.
  • Tulisan pendek atau singkat.
  • Tulisan tanpa isi.
  • Tulisan yang sama sekali tidak bermanfaat.
  • Tulisan yang diduga atau berpotensi melanggar ketentuan.

Rekomendasi

Tulisan Terekomendasi adalah tulisan yang direkomendasikan oleh Admin berdasarkan tingkat keterbacaan atau popularitas sebuah tulisan. Kolom ini disediakan untuk menggantikan kolom Terpopuler.

Dalam waktu tertentu, Admin akan memantau popularitas tulisan yang tayang di Kompasiana mulai pukul 00:00 sampai pukul 24:00. Tulisan yang memiliki banyak pembaca akan dipertimbangkan masuk ke daftar Rekomendasi Admin.

Kolom Rubrik

Lalu di bawah kolom Terbaru dan Highlight, terdapat kolom Rubrik yang disajikan berdasarkan rubrikasi yang ada. Kolom ini berisi aliran tulisan Terbaru maupun tulisan Highlight.

Tulisan terbaru di masing-masing kotak merupakan Headline dari tiap-tiap rubrik. Judul tulisannya ditebalkan dan dilengkapi dengan foto tulisan ukuran kecil (thumbnail). Tapi di kolom ini tidak semua foto headline keluar dalam ukuran kecil. Hanya foto yang diupload ke Kompasiana yang memiliki thumbnail. Sedangkan foto yang diambil dari website lain (dengan cara memasukkan link-nya ke isi tulisan) tidak memiliki thumbnail di kolom ini. (JET)

Sumber : http://blog.kompasiana.com/2011/01/14/kriteria-headline-highlight-dan-rekomendasi/

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , ,

§ One Response to Jadi Most Highlight di Kompasiana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Jadi Most Highlight di Kompasiana at aajaka.

meta

%d bloggers like this: