MEMORY juli-oktober (part 1)

November 27, 2008 § Leave a comment


MEMORY BERARTI

Akhir-akhir ini saya banyak mendapatkan anugerah gairah dari ALLAH yang beujung menjadi momentum yang sangat berharga bagi saya. Maka, dalam kesempatan ini saya akan mengangkat hal-hal menarik penuh arti namun belum sempat disajikan karena keterbatasan waktu dan fruktuasi mood saya. Tapi, tentunya mungkin tidak semua, karena keterbatasan memory dalam ingatan saya 😀

OUTSOURCE DI TELKOM JAPATI

Ketika saya berolah raga di KAMMI Daerah Bandung (Raya), saya sempat diminta tolong untuk membantu pelaksanaan acara “Diskusi Membangun Jawa Barat”. Karena resource yang terbatas, saya juga membantu pendanaan untuk menyebar proposal ke beberapa tempat, salah satunya PT. Telkom. Ada yang menarik disini. Ketika saya datang ke Telkom, saya bertemu dengan Pak Nano. Dia adalah utusan dari PT. Bubu Kreasi Perdana untuk melakukan komunikasi bisnis dengan PT. TELKOM. Disana kita bertemu secara tidak sengaja di ruang Marketing Communication.

Saya tidak ingat betul, bagaimana awalnya kita berbincang, namun kondisi yang mengalir begitu saja membuat kita banyak bercerita tentang kegiatan yang akan saya tawarkan pada Telkom untuk menjadi sponsornya. Dari sana kita berdiskusi panjang tentang kondisi Jawa Barat, dan sebagainya. Perbincangan yang cukup seru tersebutpun akhirnya sampai pada penghujungnya. Dan di titik itu, kita baru ingat kalau kita belum berkenalan. Barulah pada saat itu saya menanyakan, “Oh iya, Pak. Kita belum kenalan. Saya Jaka dari IT Telkom”. “Saya Nano dari bubu.com,” “Oh, dari IT Telkom ya? Kebetulan saya sedang butuh satu orang web developer, kalau ada kenalan yang bias ngisi, hubungi saya ya”, dan dia memberika kartu namanya pada saya. “Wah saya aja, Pak. InsyaALLAH saya bisa. Tapi saya masih ada kuliah, Pak. Memungkinkan ga?”, kata saya. “Kita butuh orang buat yang full time. Kontrak kita 3 bulan”

Saya tidak hafal betul bagaimana kejadian seterusnya, yang pasti akhirnya saya bernego untuk ditempati 2 orang. Saya dan teman saya, karena saya tidak memungkinkan untuk full time. Dan akhirnya kami masuk dan ditempatkan di Telkom Japati. Kontrak kami maintenance portal telkom.co.id. Setelah 3 bulan berjalan, Pak Nano minta kontrak diperpanjang, namun karena saya memasuki semester baru, saya memutuskan untuk focus dulu. Minimal, saya tau kalau kerja itu gak enak dan membosankan. Dan saya juga sedikit lebih tau tentang kondisi internal Telkom, tentang tender proyek, dan sebagainya. Ya… pengalaman yang sangat maknyus, buat saya. Sangat sangat banyak yang bisa dibagi, sayang tidak langsung dituangkan, akhirnya banyak yang jatuh ditengah jalan. Hehe… maaf ya ^_^ Namun yang pasti pelajaran yang paling berharga dari sini adalah, kita harus barhati-hati dan bersungguh-sungguh dalam setiap keputusan yang akan kita ambil.

2KUBIK GEMASTIK 2008

Di tengah hiruk pikuk outsource di Telkom, ditambah aktifitas KAMMI juga UAS dan SP, saya kehilangan sebuah moment yang memunculkan hikmah luar biasa dalam kehidupan saya. Momen itu adalah registrasi bayangan. Karena momen tersebut terlewati begitu saja, akhirnya mau tidak mau saya hanya dapat mengambil mata kuliah yang tersisa saja. Pada saat itu saya sangat-sangat ragu untuk mengambil mata kuliah data mining. Namun kondisinya tidak memungkin saya untuk mengambil mata kuliah lain, kalaupun ada ya, yang lebih nggak banget deh buat saya.

Sebenarnya walaupun saya tidak begitu tertarik dengan data mining, saya tetap tertarik untuk mengambil mata kuliah yang sedikit berkaitan dengan mata kuliah tersebut, yaitu information retrival. Hal ini dikarenakan saya lagi seneng-senengnya mempelajari apapun yang web based. Dalam dalam information retrival di tahun tahun sebelumnya, banyak menerapkan aplikasi text maining yang web based juga, seperti halnya google. Karena itu saya lumayan keras memperjuangkan agar saya dapat mengambil mata kuliah yang quotanya sudah penuh tersebut. Mulai dari mendatangi dosen agar quotanya ditambah. Hal ini berhasil, namun saya ternyata tak secepat peminat yang lain dalam menginputkannya. Ini juga dikarenakan akses intranet yang lumayan sulit waktu itu. Lumayan kesel juga, saya yang perjuangin, orang lain yang nikmatin hasilnya dan saya gak dapet hasilnya sama sekali. Setelah itu, saya datangi lagi dosen dan kaprodi untuk memperjuangkan minimal naman saya saja, agar bisa masuk. Namun perjuangan saya kandas juga. Wah, kalau diceritain versi lengkapnya lumayan parah deh, repot n capek banget tanpa hasil untuk saya. Hehe…

Setelah perkuliahan berjalan, masuklah masa PRS. Disini ternyata mata kuliah tersebut dibuka kembali, namun sayangnya saya telat mendapatkan informasinya hiks…Ya, tdak apalah. Mungkin karena pada saat itu saya konsen memperjuangkan untuk mengambil mata kuliah study terbimbing untuk menggantikan SKS data mining ku, karena ternyata disana mempelajari e-learning yang juga saya suka banget. Alhamdulillah, perjuangan saya layak gayung bersambut oleh dosen. Namun kali ini kaprodi tidak mengijinkan. Wah parah deh, pokoknya. Disini juga lumayan repot dan lagi-lagi tidak berhasil

Namun ternyata tidak ada satu keringatpun yang gratis bagi ALLAH. Hikmah dari mengikuti mata kuliah data mining adalah saya akhirnya menjadi finalis GEMASTIK 2008 di bidang data mining. Saya mengikuti kontes ini karena terpaksa sebetulnya. Dosen mewajibkannya sebagai tugas mata kuliah. Dan disana saya satu kelompok dengan Iman dan Shiddieq. Namun ada beberapa orang yang menurut juga berjasa membantu kami, yaitu Hendro, Mas Agus, Fiki, dan rekan-rekan asisten lab Data mining. Terima kasih, teman-teman. Akhirnya saya punya tempat tongkrongan baru, yaitu DMC, walaupun tidak resmi ^_^

Di lomba ini Alhamdulillah kami dapat bertahan sampai final, walaupun sebenernya enggak niat. Dari awal kita bentuk kelompok, kita sengaja cari orang yang sama-sama nggak niat biar satu sama lain ga terkecewakan dengan performansi yang lainnya yang notabenenya juga sama-sama nggek niat. Hehe… Alhamdulillah, dengan segala keterbatasan serta bantuan dari banyak teman, kita dianugerahi kancah final oleh ALLAH. ALLAH memang sudah merencanakan agar kita menjadi finalis, tenyata 😀

(Bersambung….)

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading MEMORY juli-oktober (part 1) at aajaka.

meta

